Latar Belakang dan Tujuan

Magister Kedokteran Kerja memiliki latar belakang karakteristik yang unik yaitu mahasiswanya pada umumnya sudah bekerja pada satu perusahaan sebagai dokter perusahaan. Perusahaan yang mempekerjakan mereka pun beragam dari pekerjaan kantor, perkebunan, industri, sampai pertambangan lepas pantai.

Dengan karakter yang seperti itu, perlu proses pembelajaran yang memudahkan mahasiswa untuk tetap dapat memahami pendalaman metodologi riset dan biostatistik yang sudah mereka pelajari di semester sebelumnya. Dengan demikian, tujuan dari mata kuliah ini dikemas dalam pembelajaran jarak jauh adalah untuk dapat membentuk kumpulan materi yang dapat dipelajari secara mandiri dari lingkungan kerja masing-masing mahasiswa, namun tetap menjamin interaksi diskusi dengan staf pengajar. Untuk evaluasinya, mahasiswa tetap harus datang ke tempat perkuliahan untuk bisa dievaluasi hasil pembelajaran mandiri jarak jauhnya secara langsung oleh staf pengajar.

Metode Pembelajaran:

Metode pembelajaran adalah dengan praktikum simulasi (Simulation) dan pembelajaran kooperatif (cooperative learning)

Deskripsi Mata Kuliah:

Modul akan di laksanakan selama 16 minggu dengan 1 minggu untuk latihan ujian dan ujian yang akan di laksanakan pada saat akhir. Dari modul ini, peserta modul akan belajar secara bertahap melakukan analisis data menggunakan SPSS dengan topik topik yaitu:

  1. Pengenalan SPSS,
  2. statistik deskriptif,
  3. analisis bivariat 1 yaitu uji korelasi dan uji validasi,
  4. analisis bivariat 2 yaitu uji perbedaan rata-rata,
  5. analisis bivariat 3 yaitu uji perbedaan proporsi,
  6. analisis multivariate yaitu uji regresi linear dan regresi logistik,
  7. latihan ujian untuk persiapan ujian akhir modul ini.

Melalui modul ini mahasiswa diharapkan dapat memiliki keterampilan untuk melakukan analisis data penelitian pada modul tesis dan modul seminar/manuskrip. Modul diterapkan untuk mahasiswa MKK semester ke-2 dengan jumlah SKS 2. Metode pembelajaran adalah dengan Simulasi (Simulation), pembelajaran kooperatif, dan cooperative learning.

Keunggulan modul ini adalah menggunakan basis data contoh yang sesuai dengan kedokteran dan menjelaskan bagaimana seharusnya peserta moduk menampilkan hasil analisis di laporan hasil berupa tesis atau manuskrip. Selain itu, disediakan juga video pengantar masing masing topik, serta akan di buka sesi tanya jawab dengan narasumber dan fasilitator dalam sesi forum diskusi untuk membantu peserta modul jika ada hal-hal yang belum di mengerti.